Minggu, 17 November 2013

WWW




                       World Wide Web (WWW)

World Wide Web (biasa disingkat WWW) adalah informasi yang yang dipakai oleh pengenal global untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna. WWW sering dianggap sama dengan internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada internet.

WWW merupakan kumpulan server web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.

WWW merupakan sekumpulan dokumen yang tersimpan di server web, dan tersebar di lima benua termasuk Indonesia yang terhubung menjadi satu melalui jaringan internet. Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language).
 Sejarah World Wide Web (WWW)

Sejarah World Wide Web bermula di European Laboratory for Particle Physics (lebih dikenal dengan nama CERN), di kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Dibulan Maret 1989, Tim Berners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar di seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik.

Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk sistem X-Windows yang berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam beberapa bulan saja, Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.

Pada tahun 1994, Marc Andreesen meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah Internet Explorer dari Microsoft.

Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web.

Pada awal perkembangannya, sewaktu browser masih berbasiskan teks hanya terdapat sekitar 50 website. Di akhir tahun 1995 jumlah ini telah berkembang mencapai sekitar 300.000 web site. Dan diperkirakan sekarang ini jumalh pemakai Web telah mencapat sekitar 30-an juta pemakai diseluruh dunia.
 Fungsi World Wide Web (WWW)

Fungsi WWW adalah menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. salah satu fungsi www di internet menawarkan berbagai kecanggihan dan kemudahan pemakai intenet mendapatkan dan menampilan informasi dimana saja  di internet secara mudah dan cepat.
. Berikut ini beberapa jenis layanan WWW yang perlu diketahui, antara lain :

1.      Web Mail Servic
2.      search engine
3.      web hosting
4.     Portal

1        Web Mail Service

Salah satu layanan yang paling banyak digunakan orang di internet adalah email, dan untuk bisa saling berkirim email kita harus memiliki email account tertentu. Saat ini sudah cukup banyak situs web yang memberikan email account secaa gratis tanpa bayar. Kita bisa langsung memesan sebuah email account dengan nama tertentu sesuai dengan keinginan kita. Contoh : mail.yahoo.com, www.hotmail.com, dll
E-mail adalah surat melalui media elektronik.Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.

 Manfaat Email
  1. E-mail dapat menghubungkan kita dengan siapa saja yang terhubung di internet di seluruh dunia dengan biaya pulsa lokal.
  2. Dengan e-mail, data dikirim secara elektronik sehingga sampai tujuan dengan sangat cepat.
  3. Dapat mengirim kepada lebih dari satu orang dengan saat bersamaan.
  4. Dapat mempermudah komunikasi dengan orang yang ada di seluruh dunia.
  5. Digunakan untuk berlangganan informasi tertentu secara periodik.

2.      Search Engine

Seringkali kita memerlukan untuk mencari sesuatu dari web, akan tetapi kita belum mengetahui dimanakah alamat situs web yang memberikan layanan atau informasi tersebut. Padahal jumlah situs web saat ini sudah mencapai ratusan juta situs dengan berbagai layanan yang ditawarkan. Untuk itu kita memerlukan sebuah aplikasi bantu yang akan mencari apa yang kita butuhkan di situs-situs web. Alat bantu itu disebut Search Engine. Dengan search engine kita akan cepat menemukan alamat situs yang berisi informasi yang kita butuhkan. Contoh situs search enngine : www.google.com, www.yahoo.com, dll.

Search Engine merupakan sebuah mesin pencari yang menyediakan berbagai blog atau website. selain itu Search Engine juga memberikan berbagai informasi yang sangat banyaak dibutuhkan orang. kali ini Saya melalui 7TopRanking akan membahas 7 Search engine yang terpopuler versi 7TopRanking.

1. Search Engine Google  


Google merupakan Search Engine yang paling banyak digemari orang, selain fasilitas yang beraneka ragam, Google juga menampilkan hal-hal yang mudah untuk ditelusuri. Februari 1999 merupakan awal berdirinya google. berdirinya Google merupakan sebuah awal akan kebutuhan orang untuk mendapatkan berbagai informasi, dan Informasi yang diinginkan banyak orang telah difasilitasi Google dengan baik dan benar. jadi wajarlah jika Google merupakan Search Engine Pertama yang paling populer.



2. Search Engine Yahoo   


Urutan Kedua Search Engine Populer adalah Yahoo. 7TopRanking menempatkan Yahoo ke dalam urutan yang kedua karena Yahoo mempunyai Fitur Email yang banyak disukai orang, Kecepatan dan kemudahan dalam mencari informasi, Fitur yang lengkap dan menyediakan salah satu fungsi katalog Web. Namun sedikit Kekurangan Yahoo dibandingkan dengan Google adalah Loading Yahoo lebih berat dikarenakan banyaknya fitur-fitur Flash dan gambar, sedangkan Google mempunyai Loading yang cukup cepat dan ringan. 

3. Search Engine MSN  


Urutan Ketiga search Engine adalah MSN. Search Engine ini merupakan mesin pencari pertama yang diciptakan Microsoft dan berdiri pada tahun 1998. Fasilitas yang diunggulkan MSN adalah pencarian Video, Musik, Gambar dan beragam Format File. MSN merupakan Mesin Pencari yang langsung terformat di setiap komputer atau Laptop maupun sejenisnya merupakan sebuah kemudahan bagi setiap orang untuk langsung mengunjunginya, ini juga merupakan suatu kelebihan yang dimiliki oleh MSN. 

4. BING    

Bing merupakan sebuah mesin pencari yang fiturnya hampir sama dengan google. kecepatan loadingnya telah menempatkan Bing menjadi urutan keempat versi 7TopRanking. akan tetapi, Tidak begitu banyak Blog atau website yang ada pada Bing, sehingga ketika orang ingin mencari berbagai informasi, maka informasi yang ditampilkan Bing tidak terlalu banyak. Namun, Kelebihan yang ada pada Bing selain diatas adalah Bing telah bekerja sama dengan Yahoo dalam memberikan berbagai Informasi yang dibutuhkan.



5. Windows Live search 


Urutan Selanjutnya yang keempat adalah  Windows Live search. fasilitas instant answer merupakan kelebihan yang signifikan Search engine ini. Selain itu, Fasilitas ini merupakan salah satu inovasi performa yang berhasil dikembangkan dan diintegrasikan ke dalam sistem sehingga memampukan Bing memberikan jawaban. Hasil pencarian image atau video dapat ditampilkan dan disaring secara detail.

6.  Looksmart 


Looksmart adalah sebuah perusahaan periklanan online yang berbasis di San Francisco. Looksmart menyediakan produk iklan pencarian dan layanan kepada pengiklan teks, serta ditargetkan bayar per klik pencarian dan iklan kontekstual melalui Jaringan Iklan yang Cari.

7. Internet Explorer


Internet Explorer merupakan Mesin Pencari pertama. menurut 7TopRanking  Internet Explorer merupakan mesin pencari yang pertama kali dikenal. walaupun  Internet Explorer mempunyai fitur yang kurang lengkap dan loadingnya cukup berat, tidak dapat dipungkiri bahwa  Internet Explorer mampu mengadaptasikan fiturnya untuk komputer-komputer yang masih dibawah standart, seperti komputer pentium 2, 3.


3.      Web Hosting

. Bila kita berlangganan pada sebuah ISP, biasanya kita diberikan space khusus untuk keperluan ini. Akan tetapi bila tidak demikian, kita dapat menggunakan layanan web hosting gratis yang ditawarkan di internet. Contoh situs yang menawarkan web hosting gratis yaitu : www.geocities.com, www.coolfreepages.com, www.lonex.com, www.brinkster.com,  www.tripod.com, www.ebook.com.

Web hosting adalah jasa penyewaan server dan aplikasi termasuk softwarenya untuk keperluan web server. Secara definisi ruang lingkupnya hanya meliputi web server, tetapi secara praktis webhosting meliputi layanan untuk keperluan web server dan mail server.

Jenis-Jenis Hosting yang Ada
Ada beberapa jenis layanan hosting yaitu shared hosting, VPS atau Virtual Dedicated Server, dedicated server, colocation server.
  1. Shared Hosting adalah menggunakan server hosting bersama sama dengan pengguna lain satu server dipergunakan  lebih dari satu nama domain. Artinya dalam satu server tersebut terdapat beberapa account yang dibedakan antara account satu dan lainnya dengan username dan password.
  2. VPS, Virtual Private Server, atau juga dikenal sebagai Virtual Dedicated Server merupakan proses      virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini merupakan lingkungan virtual, hal tersebut memungkinkan untuk menginstall sistem operasi yang dapat berjalan diatas sistem operasi lain.
  3. Dedicated Server adalah penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan      tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.
  4. Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

Apa yang dimaksud dengan Web Hosting :
Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat diakses oleh user dari semua tempat.  
Pada dasarnya sebuah server webhosting menggunakan adalah sebuah komputer biasa namun menggunakan beberapa komponen dan program dasar sebuah server serta disarankan harus mampu untuk online 24 jam setiap hari dan tanpa harus dimatikan dalam jangka waktu lebih lama daripada komputer biasa.


Mengapa Perlu Web Hosting :
Kecepatan menyebarkan informasi tentang Jasa, Produk, Layanan Publik dan lainnya merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan bisnis perorangan atau perusahaan,

Contoh Pertama : di Indonesia dengan sekitar 100 juta pengguna telepon genggam yang tentu saja dapat tersambung ke internet melalui gprs, tidak ada alasan lagi untuk tidak tersambung ke dunia maya, bahkan di daerah terpencil sekalipun.

Contoh kedua: Seorang mahasiswa kedokteran, dengan dana yang terbatas, untuk mengantisipasi membeli buku kuliah kedokteran yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah, dapat dengan mudah memperoleh informasi ilmu pengetahuan dan teknologi melalui situs web, dan ini menjadi tanggung jawab penyelenggara pendidikan untuk menyediakan layanan web site guna memajukan pendidikan. Bahkan seorang dosen sebaiknya memiliki web site.
Singkatnya, bila anda telah membuat prototip disain yang dapat dibaca oleh internet browser seperti html, maka sudah waktunya anda menaruh disain itu di internet dengan mengupload disain anda ke perusahaan yang melayani penjualan hosting.

4             Portal

Kalau dalam dunia nyata kita kenal mall atau plaza, yang menyediakan semua yang kita butuhkan saat belanja, maka di dunia maya pun ada fasilitas seperti ini. Di dalam satu situs web, tidak hanya menawarkan satu layanan saja, tetapi bermacam-macam layanan sekaligus. Situs seperti ini, disebut sebagai portal. Contoh portal: www.yahoo.com, www.astaga.com, dll.

Web Portal 

Sebuah web portal , merupakan halaman web, yang menyajikan informasi dari berbagai sumber dengan cara terpadu. Web portal memiliki fitur standar berupa mesin pencari informasi, selain itu bisa juga terdapat layanan e-mail, berita, hiburan, dan lain-lain. Web portal memiliki kemampuan tertentu yang mengikuti selera para pengunjungnya. Isinya biasanya berupa konten yang dinamis. Contoh dari web portal yang sudah familiar adalah Yahoo!, iGoogle, AOL, dan MSN. Perbedaan web portal dengan website adalah dari segi kegunaannya. Website digunakan untuk menampilkan suatu informasi, opini, dan sebagainya, sedangkan web portal digunakan untuk membangun komunitas online dan menghadirkan lingkup yang lebih luas mengenai berbagai informasi kepada pengunjung.

Web portal muncul bersamaan setelah perkembangan peramban web pada pertengahan tahun 1990. Web portal sebagai penyedia direktori internet sampai dengan fasilitas mesin pencari yang diantaranya adalah Excite, Lycos, AltaVista, infoseek, dan hotboot. Mereka merupakan beberapa layanan yang  tertua dari yang ada. Strategi dari web portal adalah mendorong pengguna untuk melakukan kunjungan berulang pada suatu portal. Game, chat, email, berita, dan layanan lain bertujuan agar pengunjung tinggal lebih lama, sehingga akan menambah penghasilan iklan.

Contoh dari Kategori : Web Portal
http://www.excite.com/
            http://www.lycos.com/

Link Kelompok 4  : rifkaputrika.wordpress.com
                                           qisthimaya.wordpress.com
                               nunuruull.blogspot.com
                                           rifarifdaturahmi.blogspot.com
                                          

Source : http://internet.artikel2.com/pengertian-www.htm
              http://ewawan.com/pengertian-www-definisi-www.html

                                     Nama : Natasia.Wairissal
                                     Kelas  : 2pa01
                                     NPM  : 15512256

Tidak ada komentar:

Posting Komentar