Kamis, 31 Oktober 2013

Plagiarisme (Kleptomania)



PLAGIARISME
 (KLEPTOMANIA)

Semakin hari dunia semakin berkembang. Bukan dalam hitungan hari tapi, dalam hitungan detikpun dunia dapat berubah dan berkembang. Perkembangan dunia ini sangat pesat dan tidak terlepas dari Kuasa Tuhan. Ia menciptakan kita dengan talenta-talenta yang diberikan secara cuma-cuma kepada kita. 

Talenta bernyanyi, menari, olahraga, bahkan talenta didalam ilmu pengetahuan.
Masing-masing orang diciptakan dengan kepintaran yang berbeda. Begitu halnya dengan 2 orang lelaki tampan Larry Page dan Sergey Brin. Mereka berdua merupakan pendiri Google saat masih berada di Ph.D Universitas Stanford. Larry dan Sergey juga memegang 16 % saham perusahaan. Misi yang mereka miliki adalah Dapat mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat bagi semua orang

Dengan adanya Google yang didirikan oleh Larry dan Sergey, kini  semua orang didunia dapat merasakan manfaat yang begitu besar dalam hidup mereka. Kemudahan-kemudahan untuk mengakses apapun yang kita inginkan, memudahkan kita untuk mendapatkan informasi, dan juga memudahkan kita untuk dapat mengetahui perkembangan dunia.
Dapat dikatakan bahwa perkembangan dunia membuat perkembangan pemikiran otak kita juga akan berkembang. Pemikiran-pemikiran dalam hal membuat atau menciptakan sesuatu yang baru yang akan memudahkan dan memuaskan masyrakat. Contohnya Facebook, Tweeter, blog dan berbagai karya-karya yang di ciptakan oleh orang yang memilki talenta tersebut. 

Beberapa hal diatas sangat membantu kita dalam berkomunikasi dengan keluarga ataupun orang lain, bahkan orang yang tidak kita kenalpun.
Hanya saja apa yang ciptakan orang lain disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan google kita dapat mendapatkan informasi serta data-data yang kita perlukan. Tapi dengan google pun kita dapat mencuri karya orang lain ataupun menciplak mentah-mentah hasil dari karya orang tersebut. Kejadian tersebut yang kita sebut dengan Plagiarisme.


Plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri.[1] Pelaku plagiat disebut sebagai plagiator”. (Wikipedia)
Begitu banyak contoh-contoh dari Plagiarisme yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Namun yang akan saya bahas disini adalah Plagiarisme yang ada hubungannya dengan Psikologis seseorang.

Tahukah kalian dengan Penyakit KLEPTOMANIA.       

Kleptomania (bahasa Yunani: κλέπτειν, kleptein, "mencuri", μανία, "mania") adalah penyakit jiwa yang membuat penderitanya tidak bisa menahan diri untuk mencuri. Benda-benda yang dicuri oleh penderita kleptomania umumnya adalah barang-barang yang tidak berharga, seperti mencuri gula, permen, sisir, atau barang-barang lainnya. Sang penderita biasanya merasakan rasa tegang subjektif sebelum mencuri dan merasakan kelegaan atau kenikmatan setelah mereka melakukan tindakan mencuri tersebut”.(wikipedia).

Penyakit Kleptomania juga merupakan bagian dari Plagiarisme dimana seseorang yang suka mencuri barang milki orang lain. Dan memang sangat tidaksesuai dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Namun Kleptomania telah dikenal banyak orang dengan istilah penyakit atau yang sangat berhubungan dengan gangguan jiwa seseorang serta sisi psikologisnya.

Begitu banyak faktor yang membuat seseorang dapat menjadi Kleptomania atau seorang Plagiarisme, diantaranya :
# Pola Asuh orang tua # Lingkungan tempat ia tinggal
      # Perkembangan teknologi

contoh : internet ataupun televisi yang biasanya menayangkan hal-hal yang berhungan dengan tindakan untuk mengambil atau mencuri barang milik orang lain. Dan yang membahayakan apabila di tonton oleh anak umur 5 tahun pertama . Mengapa? Karena 5 tahun pertama seorang anak adalah masa-masa dimana ia sudah mulai mengerti tentang lingkungan sekitar baik teman-temannya maupun perkembangan teknologi.
 
     # Perasaan ingin tahu atau coba-coba yang tinggi
             #Depresi

Inilah yang merupakan satu diantara kasus plagiarisme yang terjadi didekat kita. Mulai dari kasus plagiarisme yang ringan sampai dengan plagiarisme yang membawa seseorang kedalam trali besi (penjara).


Nama           :  Natasia. Wairissal
Kelas            :  2pa01
Npm              :  15512256
Jurusan        :  Psikologi Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar